Laporan PPL terbaru

- Writer

Sabtu, 30 Juli 2016

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

PJV Network – Hi pembaca setia PJV Network, kali ini admin akan memberikan informasi dan referensi mahasiswa tentang laporan PPL atau laporan Praktek Pengalaman Lapangan. Sebagaimana yang kita ketahui, selaku mahasiswa utamanya mahasiswa jurusan FKIP pasti tidak asing lagi dengan istilah PPL ini, ya karena setiap tahunnya menjelang semester akhir maka mahasiswa akan melaksanakan PPL ini. Biasanya laporan PPL ada yang individu atau kelompok. Untuk kesempatan ini PJV Network akan memberikan contoh laporan PPL terbaru yaitu laporan PPL individu.

Pertama kita lihat dari bagian bagian laporan PPL :

  1. Cover
  2. Halaman Pengesahan
  3. Kata pengantar
  4. Daftar isi
  5. Lampiran

Selain 5 hal diatas, laporan PPL terdiri dari 4 bab, yaitu Bab 1 yaitu pendahuluan , bab 2 profil sekolah, bab 3 hasil pelaksanaan pengalaman pembelajaran, bab 4 penutup. Umumnya kebanyakan laporan PPL tidak jauh beda dengan pembahasan kita diatas,kalaupun ada beda itu hanya terletak pada urutan bab saja dan tambahan lampiran saja.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

ini contoh bab 1 :

BAB 1

Pendahuluan

a. Latar belakang

Pendidikan nasional bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya yaitu manusia beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab kemasyaraktan dan kebangsaan. Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan, salah satu usaha perbaikan proses pembelajaran di sekolah yang dapat dilakukan adalah dengan memahami perilaku siswa dalam belajar.

Setiap manusia pada hakikatnya membutuhkan pendidikan. Zanti Arbi dan Syahru (1992: 16-23) berpendapat bahwa pendidikan adalah suatu proses interaksi manusiawi antara pendidik dengan subjek didik untuk mencapai tujuan pendidikan. Proses pendidikan berlangsung dalam lingkungan tertentu dengan menggunakan bermacam- macam tindakan yang disebut sebagai alat pendidikan. Ada beberapa factor yang berperan dalam pendidikan, yaitu : (1) tujuan, (2) pendidik, (3) subjek didik, (4) isi/materi, (5) cara/ metode dan alat (6) situasi lingkungan.

Pendidikan adalah usaha sadar untuk menumbuh kembangkan potensi yang ada pada manusia yang dikenal dengan SDM dan IMTAQ yakni melalui kegiatan pengajaran. Kegiatan-kegiatan tersebut diselenggarakan di semua satuan dan jenjang pendidikan yang meliputi wajib belajar pendidikan sembilan tahun, pendidikan menengah dan pendidikan tinggi.

Pendidik harus mempunyai kepercayaan diri bahwa ia mampu memberikan arahan dan bimbingan kepada para siswanya. Sampai saat ini, masih banyak siswa yang beranggapan dan berpendapat bahwa pelajaran kimia merupakan salah satu mata pelajaran yang sulit. Sehingga sudah menjadi hal yang biasa jika di dalam kelas ketika mata pelajaran kimiaberlangsung sebagian besar siswa sibuk dengan aktivitasnya sendiri. Hal inilah yang menyebabkan rendahnya motivasi siswa terhadap mata pelajaran kimia. Keadaan ini akan berdampak pada nilai dan hasil belajar siswa menjadi tidak tuntas. Karena siswa belum mampu mencapai kompetensi individual yang diperlukan untuk mengikuti pelajaran selanjutnya. Selain itu, siswa juga pada umumnya belum sampai pada tingkat pemahaman. Siswa baru mampu mempelajari (menghafal) fakta, konsep, prinsip, hukum, teori, dan gagasan inovatif lainnya pada tingkat ingatan, mereka belum dapat menggunakan dan menerapkannya secara efektif dalam pemecahan masalah sehari-hari. Hal ini terjadi karena guru belum optimal memberdayakan seluruh potensi siswa. Selain faktor diatas, rendahnya motivasi siswa juga dapat disebabkan karena dalam proses pembelajaran guru tidak menggunakan strategi atau pendekatan pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

Usaha untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan proses belajar mengajar dan pembelajaran di sekolah terus menerus dilaksanakan, salah satunya dengan adanya mata kuliah lapangan seperti praktik mengajar di sekolah secara langsung yang biasa dikenal dengan PPL.

Program Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan suatu program dalam pendidikan prajabatan guru yang dirancang untuk melatih para calon guru agar menguasai kemampuan keguruan yang utuh dan terpadu sehingga setelah melakukan pendidikan mereka siap secara mandiri mengemban tugas sebagai guru. Program ini merupakan salah satu program akademis yang wajib dilaksanakan oleh mahasiswa FKIP Universitas Muhammadiyah Bengkulu

  1. Tujuan Pembuatan Laporan

Tujuan pembuatan laporan ini adalah untuk melaporkan rangkaian kegiatan yang telah praktikan dilaksanakan di SMA Plus Negeri 7 Kota Bengkulu baik itu kegiatan yang berkaitan dengan kegiatan akademik, kegiatan administrasi, kegiatan non akademik serta hal- hal yang diperoleh praktikan selama praktik lapangan. Selain itu juga untuk mengetahui sejauh mana mahasiswa mampu berinteraksi dengan lingkungan sekolah dimana ia di tempatkan, baik berkenaan dengan hubungannya dengan sesama perangkat sekolah dan terutama mengenai kemampuannya dalam manyampaikan materi di kelas. Dalam hal ini juga mencakup bagaimana kemampuan mahasiswa tersebut dalam menyusun perangkat pembelajaran, yaitu berupa rencana pelaksanaan pembelajaran, model dan metode pembelajaran yang akan diterapkan dalam kegiatan belajar mengajar

.

Adapun tujuan dari pelaksanan Program Pengalaman Lapangan (PPL) itu sendiri adalah:

  1. Memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran dan manajerial di sekolah, dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan.
  1. Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mempelajari, mengenal dan menghayati permasalahan, lembaga kependidikan baik yang terkait dengan proses pembelajaran maupun kegiatan administrasi sekolah.
  2. Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai ke dalam kehidupan nyata di sekolah
  1. Meningkatkan hubungan kemitraan antara FKIP UMB dengan Dinas Diknas, Depag, Sekolah, dan lembaga terkait lainnya.

Bab 1 diatas merupakan bagian pertama dari laporan PPL, baik PPL individu ataupun kelompok.

Untuk bab 2, 3 dan 4 atau bagian keseluruhan dari Laporan PPL ini bisa kalian download dibawah ini :

Download Laporan PPL.doc

Password : PJV Network

Demikianlah informasi dan referensih mahasiswa seputar Laporan PPL,semoga bermanfaat.

Searches related to laporan ppl

laporan ppl individu

laporan ppl pdf

laporan ppl pgsd

laporan ppl bahasa inggris

contoh laporan ppl mahasiswa keguruan

contoh laporan ppl pai

contoh laporan ppl paud

contoh laporan ppl matematika

 

Baca juga

Contoh LPJ Kegiatan Organisasi
Laporan Akhir KKN
Tag :

Baca juga

Sabtu, 30 Juli 2016 - 12:04 WIB

Laporan PPL terbaru

Rabu, 9 Maret 2016 - 21:41 WIB

Contoh LPJ Kegiatan Organisasi

Rabu, 9 Maret 2016 - 21:13 WIB

Laporan Akhir KKN

Info terbaru

Referensi

Melihat Eksitensi PAFI Gunung Kidul dalam dunia Farmasi

Jumat, 6 Sep 2024 - 08:12 WIB

Referensi

Rekomendasi Sate Paling Enak Di Jakarta, Kamu Wajib Coba !

Selasa, 23 Jul 2024 - 17:28 WIB