Laporan Akhir KKN

Laporan Akhir KKN

Laporan akhir KKN merupakan tahapan akhir setelah mahasiswa selesai melaksanakan KKN, biasanya laporan akhir KKN paling lambat harus diterima oleh pihak universitas yaitu seminggu setelah penarikan mahasiswa KKN. Laporan akhir tersebutlah yang akan dijadikan patokan apakah nilai KKN kelompok kalian akan dapat A atau tidak, selain itu faktor faktor penunjang lain juga sangatlah penting seperti menhghadiri pembekalan,dsb. Berikut kami berikan informasi dan referensi tentang Laporan akhir KKN yang kali ini kabupaten seluma kami jadikan contoh.

KATA PENGANTAR

Laporan akhir ini disusun setelah mengadakan pengamatan dan pendekatan sosial serta lokakarya awal tingkat desa.  Adapun rencana kerja yang dibuat berdasarkan permasalahan yang berkembang dana ada di masyarakat tanpa mengabaikan faktor-faktor pendukung penyelesaian masalah.

Sebagai desa baru yang baru untuk memulai memandirikan masyarakatnya maka pekerjaan yang akan dilakukan tidaklah mudah. Untuk itu diperlukan bantuan dari seluruh pihak yang terkait. Dalam kesempatan ini, kami menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah banyak membantu masyarakat Desa kayu arang kecamatan sukaraja kabupaten seluma.

Demikianlah laporan akhir ini kami susun semoga dapat bermanfaat dimasa sekarang dan dimasa yang akan datang.

Kayu arang, 15 September 2015

 

 

 

 

 

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL…………………………………………………………………………..1

HALAMAN ORGANISASI KELOMPOK MAHASISWA…………………………………2

HALAMAN PENGESAHAN…………………………………………………………………3

KATA PENGANTAR………………………………………………………………………….4

DAFTAR ISI…………………………………………………………………………………………..5

DAFTAR LAMPIRAN…………………………………………………………………………………..7

BAB I. PENDAHULUAN …………………………………………………………………… ….6

  1. Latar Belakang……………………………………………………………………… ….7
  2. Masalah…………………………………………………………………………….. ….8
  3. Tujuan……………………………………………………………………………… ….8
  4. Manfaat…………………………………………………………………………………8
  5. Analisis Situasi Desa/Kelurahan…………………………………………………….9

BAB II. KEADAAN UMUM LOKASI…………………………………………………..10

  1. Kondisi Potensi Desa/Kelurahan…………………………………………………..11
  2. Sarana dan Prasarana………………………………………………………………11
  3. Perhubungan dan Komunikasi……………………………………………………12
  4. Pola Kehidupan Masyarakat………………………………………………………13

BAB III. MASALAH DAN PEMECAHANNYA………………………………………13

  1. Uraian Masalah……………………………………………………………………14
  2. Pemecahan Masalah……………………………………………………………….14

BAB IV. PROGRAM KERJA…………………………………………………………..15

  1. Bidang Fisik………………………………………………………………………15
  2. Bidang Non Fisik…………………………………………………………………16

BAB V. PELAKSANAAN DAN HASIL………………………………………………16

  1. Bidang Fisik………………………………………………………………17
  2. Bidang Non Fisik…………………………………………………………17

BAB VI. KESIMPULAN DAN SARAN……………………………………………….22

  1. Kesimpulan……………………………………………………………………….23
  2. Saran……………………………………………………………………………..23

DAFTAR PUSTAKA……………………………………………………………………24

LAMPIRAN……………………………………………………………………………..25

 

 

 

 

 

 

 

BAB I

PENDAHULUAN

  1. Latar belakang

Perguruan tinggi merupakan salah satu lembaga yang menghasilkan dan melahirkan tenaga yang profesional dan terjun secara langsung dalam masyarakat. Salah satu rangkaian kegiatan yang ilmiah yang secara langsung dirasakan atau dilaksanakan lembaga pendidikan tinggi ini adalah kuliah kerja nyata pemberdayaan masyarakat (KKN-TP). Kegiatan ini secara langsung membantu mewujudkan pembangunan desa pada khususnya dan pembangunan nasional pada umumnya.

Kuliah Kerja Nyata Pemberdayaan Masyarakat (KKN-TP) merupakan salah satu mata kuliah yang terdapat dalam kurikulum perguruan tinggi Universitas Muhammadiyah Bengkulu yang diselesaikan oleh setiap mahasiswa yang ingin mencapai gelar sarjana disamping itu untuk mewujudkan Tri darma Perguruan Tinggi sehingga dengan demikian Universitas Muhammadiyah Bengkulu memiliki Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM).

Lembaga ini bertugas untuk menyusun operasionalisasi KKN-TP serta mempermudah dan memperlancar program KKN-TP. Lembaga penelitian dan Pengabdian Masyarakat ini menyusun dan membentuk suatu panitia yang mengaturjalannya KKN-TP termasuk lokasi mahasiswa KKN-TP. Berdasarkan survey dari panitia terhadap lokasi KKN-TP dan kemampuan mahasiswa yang akan ditempatkan di desa-desa tersebut, maka dari latar belakang di atas kami ditempatkan di Desa Kayu Arang Kecamatan Sukaraja Kabupaten Seluma.

B .MASALAH

Dari pemaparan di atas dan hasil observasi ketika berada di Desa Kayu Arang  selama 10 hari , maka didapatkan beberapa masalah yang selanjutnya dibahas bersama masyarakat dan kelompok kkn tematik posdaya yaitu sebagai berikut :

  1. Bidang Pendidikan.
  2. Belum adanya tempat bimbingan belajar bagi anak-anak.
  3. Bidang Kesehatan.
  4. Kurangnya kesadaran masyarakat tentang kesehatan ibu hamil dan balita.
  5. Bidang Ekonomi.
  6. Minimnya partisipasi masyarakat dalam kegiatan – kegiatan kemasyarakatan
  7. Minimnya modal usaha tani
  8. Bidang lingkungan.
  9. Minimnya kegiatan masyarakat untuk mengatasi pemanasan global
  10. Masih kurangnya kesadaran masyarakat dalam memanfaatkan lahan untuk kebun.
  11. 5. Bidang Agama, Sosial dan Budaya.
  12. Minimnya kegiatan masyarakat dibidang keagamaan

C.TUJUAN

KKN Tematik Posdaya merupakan Model KKN yang bertujuan memberikan pengalaman, pendewasaan, peningkatan kepedulian dan kemampuan mahasiswa dalam mengaplikasikan ilmu yang didapat dari kampus dan dikembangkan di masyarakat melalui pemanfaatan potensi SDM dan SDA local dalam upaya terciptanya kesejahteraan masyarakat.

Kegiatan KKN Tematik Posdaya dilakukan secara ilmiah, sistematis, dan berkesinambungan dengan menetapkan penduduk dan keluarga sebagai titikpusat pembangunan.KKN Tematik Posdaya mengarahkan masyarakat yang mandiri dalam rangka terciptanya keluarga dan masyarakat sejahtera.Dari sudut masyarakat penerima, KKN Tematik Posdaya membantu, mengisi dan mengembangkan lembaga Posdaya di suatu daerah secara sistematis.

Dari sudut pandang masyarakat penerima KKN Tematik Posdaya membantu, membentuk, mengisi dan mengembangkan lembaga Posdaya di suatu desaatau kelurahan secara sistematis. Posdaya yang akan di bentukyang merupakan wadah keluarga dan masyarakat untuk bersama-sama untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi dalam bidang pendidikan, keagamaan, kewirausahaan, teknologi tepat guna, kesehatan dan lingkungan, yang sekaligus merupakan upaya memperbaiki kualitas sumber daya manusia.

Adapun tujuan utama dari penyelengaraan KKN ini adalah untuk mengembangkan keperibdian (Personality Development), pengembangan masyarakat (Community Development) dengan harapan kegiatan KKN ini akan memberikan kontribusi yang positif kepada masyarakat dan mahasiswa.

  1. MANFAAT

Diadakan KKN ini maka diharapkan dapat memberikan manfaat bagi:

  1. Bagi Mahasiswa
  2. a) Mempermudah pengertian dan penghayatan masiswa tentang :

1)      Cara berfikir, bertindak, maupun bekerja secara interdisipliner atau croos sektoral.

2)      Kemanfaatan ilmu dan teknologi yang diperoleh dibSangku kuliah terhadap usaha-usaha untuk memberdayakan masyarakat.

3)      Kesulitan yang dihadapi masyarakat.

4)      Kompleksitas permasalahan dan pendekatan pemecahanya.

  1. b) Mendewasakan pemikiran mahasiswa untuk mengkaji dan memecahkan masala yang ditemukan dalam masyarakat secara professional akademik.
  2. c) Memberika keterampilan kepada mahasiswa untuk elaksanakan program pembangunan.
  3. d) Membina mahasiswa untuk menjadi motivator dan problem solving

 

  1. Bagi Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  1. Universitas Muhammadiyah Bengkulu akan memperkokoh dalam pengisian ilmu dan pendidikan kepada mahasiswa dengan adanya umpan balik sebagai hasil intergasi mahasiswa dan masyarakat.
  2. Menjalin kemitraan dengan instansi-instansi pemerintah maupun swasta dalam melaksanakan program pembangunan.
  3. Ilmu yang dikembangkan pada program-program studi akan bermanfaat terhadap berbagai masalah-masalah masyarakat.
  1. Bagi Masyarakat
  2. Memperoleh bantuan tenaga pemikir yang professional untuk merencanakan dan melaksanakan program-program pembangunan.
  3. Terbentuknya Posdaya sebagai sarana pemberdayaan keluara dan penduduk untuk membangn SDM dan pengetasan kemiskinan.
  4. Tersusunnya rencana program dan kegiatan pembangunan yang kreatif dan inovasi berdasarkan arahan basis human development melalui pengembangan kemampuan keluarga dan masyarakat.
  5. Makin mengecilnya keluarga kurang mampu karena mengikuti proses pemberdayaan dan mampu melaksanakan fungsi-fungsi keluarga secara sempurna.
  6. Bagi Pemerintah
  7. Dapat mengetahui apa saja yang dapat dikembangkan dan digali pada Desa Kayu Arang Kecamatan Sukaraja Kabupaten Seluma.

 

  1. Analisis Situasi Desa Kayu Arang

 

            Desa Kayu Arang Kecamatan Sukaraja Kabupaten Seluma dahulunya merupakan kawasan wilayah Siabun Kecamatan Sukaraja, namun sesuai perkembangan zaman maka Siabun dimekarkan menjadi beberapa desa, salah satunya adalah desa Kayu Arang. Desa Kayu Arang Kecamatan Sukaraja Kabupaten Seluma merupakan kelurahan hasil pemekaran dari Desa Siabun dan padang pelawi. Desa Kayu Arang Kecamatan Sukaraja Kabupaten Seluma memiliki batas wilayah  sebagai berikut:

Batas Wilayah Desa Kayu Arang Kecamatan Sukaraja Kabupaten Seluma :

Batas Wilayah Kecamatan
Utara Niur Kampung Sukaraja
Selatan Padang Pelawi Kampung Sukaraja
Barat Bukit Peninjauan 2 Kampung Sukaraja
Timur Padang Pelawi Kampung Sukaraja

Jarak Desa Kayu Arang Kecamatan Sukaraja Kabupaten Seluma dengan ibukota kecamatan lebih kurang sejauh 1 Km., dan jarak dari ibukota Bengkulu lebih kurang sejauh 9 Km. Kades sebagai kepala wilayah Desa yaitu sebagai pembina organisasi kemasyarakatan di  Desa.

BAB II

KEADAAN UMUM LOKASI

A.Kondisi Potensi Desa

1.Geografis

a.Letak Wilayah

Pada tanggal 09 Juli 2015 Mahasiswa KKN dilepas oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Bengkulu di Masjid At- Taqwa. Keberangkatan juga dilakukan pada tanggal 09 juli 2015 pada pukul 13.00 WIB.. Selanjutnya Mahasiswa/i KKN melakukan interaksi dengan masyarakat yang ada disekitar wilayah tempat tinggal KKN. Keberadaan Mahasiswa/i KKN pada waktu itu mendapat antusias dan simpatik dari masyarakat karena sebelumnya sudah pernah terdapat mahasiswa/i KKN yang datang di desa Kayu arang kabupaten Seluma.dan menurut mereka hasil kerja mereka bagus. Penerimaan oleh perangkat desa Kayu arang kabupaten Seluma.cukup baik dan membuka tangan untuk bekerja sama.

Dengan berbagi metode pendekatan kami melakukan observasi dengan masyarakat setempat, personel approach lebih sering kami lakukan, dengan metode ini kami berusaha mengorek informasi serta menghimpun data menyangkut potensi desa Kayu arang kabupaten Seluma. Selain itu juga, kami melakukan hal tersebut untuk menyatukan peserta KKN dengan masyarakat setempat.

Setelah lima hari berada dilokasi belum terjadi keselarasan antara masyarakat dengan mahasiswa/i KKN. Dalam selang waktu itu mahasiswa/i masih sibuk dengan kegiatan pencarian informasi dan masyarakat sedikit yang berkunjung ke Sekretariat kami. Akan tetapi para pemuda cukup antusias menerima kedatangan kami, hal ini terbukti dengan banyaknya kunjungan para pemuda pada malam hari

Secara umum hasil observasi yang sangat menonjol bisa dikatakan bahwa desa Kayu arang kabupaten Seluma merupakan desa pemekaran dari Siabun. Dikarenakan desa Kayu arang kabupaten Seluma merupakan daerah pemekaran sehingga desa ini tidak terlalu pesat kemajuannya dibandingkan desa-desa yang lain dalam kecamatan Sukaraja.  Secara Demografi kependudukan masyarakat desa Kayu arang kabupaten Seluma bekisar 385 orang atau berjumlah 368 kepala keluarga. Dari hal tersebut dapat dilihat masyarakat desa Kayu arang kabupaten Seluma sangat homogen karena mayoritas mata pencaharian masyarakat berasal dari perkantoran dan perkebunan. Dari segi pendidikan desa Kayu arang kabupaten Seluma memiliki satu Sekolah Dasar dan satu Sekolah Menengah Pertama. Telah banyak anak-anak di desa Kayu arang kabupaten Seluma  yang menempuh pendidikan ini dilihat dengan banyaknya anak-anak sekolah baik di SD maupun SMP. Sebagai desa yang berasal dari pemekaran desa Siabun susunan pemerintahan desa telah ada ini dapat dilihat dengan adanya pengurus-pengurus desa dan badan-badan perwakilan desa. Namun karena sedikitnya pengetahuan dan tingkat pendidikan yang rendah hal tersebut membuat sistem pemerintahan desa kurang terkoordinir dengan baik. Pengurus-pengurus desa tersebut telah ada namun dalam pelaksanaan tugas kebanyakan mereka kurang mengetahui apa yang akan mereka kerjakan untuk kemajuan desa ini bisa dilihat dengan tidak adanya kegiatan-kegiatan di desa yang dilakukan oleh badan perwakilan desa.

B.Luas Wilayah

Wilayah Desa Kayu Arang Kecamatan Sukaraja Kabupaten Seluma yang sebagian besar wilayah merupakan dataran rendah, pesisir, dan kawasan rawa yang dijadikan sawah dan tanah perkebunan/pertanian. Desa Kayu Arang Kecamatan Sukaraja Kabupaten Seluma  merupakan desa yang rentan terhadap bahaya bencana alam, karena merupakan wilayah pesisir, yang sewaktu-waktu dapat terjadi bahaya seperti tsunami, angin puting beliung, banjir, badai, abrasi dan sebagainya.

 

C.Pembagian Administrasi Dan Pemerintahan

 

            Pemerintahan di Desa Kayu Arang Kecamatan Sukaraja Kabupaten Seluma dikepalai oleh Seorang Kepala Desa yang diangkat oleh Camat. Kades dibantu oleh 4 (empat) orang kadun, yaitu Kadun 1, 2, 3 ,4 .Adapun berbagai Organisasi yang ada di Desa Kayu Arang Kecamatan Sukaraja Kabupaten Seluma Seperti Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), Koperasi, PKK, Karang Taruna, Risma, Kelompok Tani, Kelompok Pembuat Kue, dan lain sebagainya. bagian administrasi yang mengurus adalah sekretaris desa .

  Struktur Pemerintahan Desa Kayu Arang Kecamatan Sukaraja Kabupaten Seluma :

BPD

 

Herwan

 

2.Sumber Daya Alam

Pemanfaatan sumber daya alam di Desa Kayu Arang Kecamatan Sukaraja Kabupaten Seluma sudah berjalan demgan baik, dengan tersedianya banyak lahan kosong di daerah ini masyarakat sudah bisa memanfaatkan lahan itu dengan baik unruk ditanami sayuran, ubi,pisang,cabe dan apotik hidup .

B.Sumber Daya Manusia

1.Kependudukan(komposisi penduduk berdasarkan agama,Jenis Kelamin, Pekerjaan, Usia, Mata pencaharian, Pendidikan)

Secara umum tingkat pendidikan masyarakat Desa Kayu Arang Kecamatan Sukaraja Kabupaten Seluma Lulusan SD/Sederajat , SMA/ Sederajat, Perguruan Tinggi. Selebihnya adalah mereka yang tidak pernah merasakan bangku sekolah maupun yang mereka yang belum sekolah (berumur dibawah usia sekolah).
Sedangkan untuk agama dan kepercayaan warga masyarakat di Desa Kayu Arang Kecamatan Sukaraja Kabupaten Seluma adalah mayoritas beragama Islam, ini sebesar 96%.

Saat ini Desa Kayu Arang Kecamatan Sukaraja Kabupaten Seluma memiliki 4 wilayah desa , dengan jumlah kepala keluarga 368 KK.,Perekonomian masyarakat Kayu Arang hanya ditopang dari satu segi saja, di sana terdapat berbagai macam ragam mata pencaharian masyarakat. Ada sebagian masyarakat sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS), Petani, Buruh Jahit, Bengkel, Tukang Roti, Industri Kecil dan masih banyak lagi lainnya. Walau dengan adanya keragaman tersebut namun masyarakat Desa Kayu Arang Kecamatan Sukaraja Kabupaten Seluma dapat hidup rukun dan damai serta saling menghormati.

 

B.SARANA DAN PRASARANA

Sarana dan prasarana di Desa Kayu Arang Kecamatan Sukaraja Kabupaten Seluma lengkap seperti sarana pendidikan TK,SD,SMP dan SMA sudah ada dan dalam kondisi baik , tempat peribadatan sudah ada hampir menyeluruh,namun di Kayu Arang adanya puskesmas dan masih bergantung pada puskesmas Cahaya Negeri ,Untuk air bersih di desa Kayu Arang  sudah tersedia,begitu juga penerangan di Desa Kayu Arang Kecamatan Sukaraja Kabupaten Seluma sudah menggunakan listrik . Transportasi yang umumnya digunakan masyarakat adalah motor dan mobil.

  Sarana/prasarana transportasi sebagai berikut:

         Motor

         Sepeda

         Mobil pribadi

Sarana/prasarana Komunikasi dan Informasi sebagai berikut:

         Handphone

         Televisi

C.PERHUBUNGAN DAN KOMUNIKASI

Alat transportasi yang digunakan masyarakat Desa Kayu Arang Kecamatan Sukaraja Kabupaten Seluma menggunakan kendaraan bermotor selain itu menggunakan mobil pribadi,sepeda dan angkutan kota .

Alat komunikasi Desa Kayu Arang Kecamatan Sukaraja Kabupaten Seluma mengikuti perkembangan zaman .

 

D.POLA KEHIDUPAN MASYARAKAT .

Pola kehidupan masyarakat Sumber Jayatidak hanya ditopang dari satu segi saja, disini terdapat berbagai macam ragam mata pencaharian masyarakat dan terkhusus pada wilayah kadun 1 ekonomi masyarakatnya beragam dikarenakan pada kadun ini pekerjaan dari masyarakatnya beragam seperti Pegawai Negeri Sipil (PNS) ,Buruh ,Pedagang,Pensiunan ,Petani dan ada juga yang bekerja di PTPN.

 

BAB III

MASALAH DAN PEMECAHANNYA

 

 

A.Uraian Masalah

 

MASALAH

Adapun masalah-masalah yang ditemukan oleh mahasiswa di Desa Kayu Arang Kecamatan Sukaraja Kabupaten Seluma sebagai berikut :

  1. Bidang Pendidikan.
  2. Belum adanya tempat bimbingan belajar bagi anak-anak.
  3. Bidang Kesehatan.
  4. Kurangnya kesadaran masyarakat tentang kesehatan .
  5. Bidang Lingkungan

a.Kurangnya kesadaran masyarakat untuk melakukan kegiatan peduli lingkungan.

  1. Bidang Kewirausahaan

a.Masih kurangnya kesadaran masyarakat dalam memanfaatkan lahan untuk kebun.

  1. 5. Bidang Agama
  2. Minimnya kegiatan masyarakat dibidang keagamaan.
  1. Pemecahan Masalah

 

Dari pemaparan diatas mengenai masalah-masalah yang dihadapi oleh Mahasiswa KKN 86 selama berada di Lokasi KKN,adapun pemecahan dari masalah tersebut adalah :

1)Pengadaan bimbingan belajar gratis bagi anak-anak sekitar lokasi kkn.

Dengan minimnya sarana belajar bagi anak-anak maka mahasiswa kkn khususnya kelompok 86 mengadakan kegiatan bimbingan belajar yang bertempatkan di sekre kelompok 86 dengan tujuan memberikan pengetahuan lebih dan sebagai sarana anak-anak untuk bertanya tentang pekerjaan rumahnya dan menambah pengetahuan anak-anak karena seperti diketahui dikelompok kkn kami banyak calon tenaga pengajar seperti : Bahasa Inggris,Bahasa Indonesia ,PKN,Biologi,TIK serta Ekonomi..

2)Mengadakan penyuluhan bersama tentang pentingnya menjaga kesehatan dan melakukan tensi darah bagi warga pada saat posyandu.

Dengan minimnya pengetahuan anak-anak remaja tentang bahaya narkoba , maka mahasiswa kkn berinisiatif mengadakan penyuluhan dengan mengundang BNN Provinsi dan AMAN yang bertujuan agar anak-anak remaja mengerti tentang bahaya narkoba dan mengajak masyaarakat sekitar ikut serta menanamkan kesadaran

akan bahayanya narkoba dan dengan adanya mahasiswa jurusan kesehatan maka kami melakukan tensi bagi masyarakat dan membantu dalam kegiatan posyandu .

3) Mengadakan kegiatan Gotong Royong dalam pembersihan Masjid , dan TPU

Berdasarkan observasi yang kami lakukan kesadaran masyarakat dalam hal lingkungan sangat kurang . Maka dari itu kami Mahasiswa KKN 86  membangun kesadaran tentang peduli lingkungan pada masyarakat dengan mengadakan kegiatan gotong royong bersama masyarakat yang terjadwalkan 1 minggu sekali beserta Pembersihan Masjid dan TPU .

4)Pemanfaatan Lahan Kosong

Dengan melihat kondisi sekitar lokasi KKN terkhusus kawasan balai desa dan melihat adanya lahan kosong , maka kami selaku mahasiswa kkn memberikan sedikit pengarahan tentang pemanfaatan Lahan kosong .

5)Menyediakan Tempat & Sarana bagi anak-anak untuk belajar mengaji,dan ikut berpartisipasi dalam pengajian rutin .

Karena Sedikitnya tempat dan sarana bagi anak-anak untuk belajar mengaji,maka kami mahasiswa KKN menyediakan tempat dan sarana bagi anak-anak yang ingin belajar mengaji.Dan kami juga turut serta dalam pengajian rutin dengan tujuan membangun kesadaran mayarakat terutama para pemuda-pemudi untuk mengikuti pengajian rutin.

baca juga : proposal kegiatan KKN

 

untuk versi lengkapnya bisa kalian temukan di Laporan akhir KKN

 

Semoga bemanfaat///

Berikan komentar atau bagikan tulisan diatas sebagai bentuk terima kasih kepada penulis

Comments

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply