4 tips membuka kursus untuk Mahasiswa

4 tips membuka kursus untuk Mahasiswa

PJV Network – Sebagai seorang mahasiswa , peluang usaha sangatlah banyak, salah satunya yaitu dengan membuka kursus . Untuk kursus sendiri bisa kita tentukan ingin membuka untuk level SD, SMP, SMA, atau Umum. Namun, sebelum memutuskan untuk membuka kursus, ada baiknya mahasiswa perlu memperhatikan 4 tips ini , berikut kami berikan 4 tips membuka kursus bagi mahasiswa.

1. Buatlah Perencanaan Yang Baik dan Matang

Perencanaan yang baik dan sangat matang akan begitu berdampak pada kesuksesan usaha kursus yang  mahasiswa buka, sama halnya ketika Anda hendak membuka usaha lain yang begitu juga tidak akan bisa terlepas dari yang namanya perencanaan.

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam tahap perencanaan ini seperti siapa target pasar anda misalnya SD, SMP, SMA, mahasiswa, atau mungkin semua kalangan.

Selain itu, para mahasiswa juga harus memperhatikan banyak hal yang berkaitan dengan usaha Anda ( mahasiswa ), seperti nama tempat usaha, visi, misi, pengetahuan dan metode pembelajaran yang cukup sehingga Anda dapat memberikan pengalaman belajar  yang lebih maksimal dan menarik.

Untuk membuka kursus , perhatikan juga tentang logo kursus , visi dan misi , struktur kepengurusan, arti dan makna dari lembaga kursus, motto. Sebagai informasi dan referensi untuk draft kursus, kalian bisa melihat contoh draft kursus yang telah dibuat oleh mahasiswa pada mata kuliah english for young learner di UMB pada link berikut ini  :

KLIK DISINI

Disana sudah lengkap tentang langkah awal yang harus mahasiswa siapkan sebelum membuka kursus yaitu menentukan logo, nama kursus, huruf yang akan dipakai, motto, visi dan misi, struktur dan yang terakhir adalah RPP atau materi yang akan diajarkan kepada peserta kursus yang dibuka oleh mahasiswa.

2. Susunlah Beberapa Strategi Pemasaran yang Baik

Semua usaha memang tidak akan bisa lepas dari strategi marketing  atau  pemasaran. Marketing atau  pemasaran yang baik akan  berdampak  pada  keberhasilan usaha Anda.

Bahkan strategi maketing ini bisa dibilang juga sebagai faktor yang sangat penting yang berguna sebagai pendukung keberhasilan suatu bisnis termasuk usaha kursus bahasa inggris ini.

Berbagai persiapan yang dapat Anda lakukan untuk kepentingan marketing ini diantaranya yaitu melalui poster, kartu nama, brosur dan lain-lain. Jangan lupa pula untuk memberikan penawaran yang cukup menarik dengan memberikan diskon dan lain sebagainya sehingga dapat menjadi daya tarik tersendiri dari usaha kursus bahasa inggris Anda.

untuk Anda para mahasiswa bisa memanfaatkan media sosial atau bisa promosi kepada rekan satu angkatan.

3. Persiapkan Perlengkapan yang Dibutuhkan

Property Atau perlengkapan yang dimaksud disini bisa meliputi tempat untuk proses pembelajaran  beserta kantor, kursi (bisa diganti dengan karpet apabila ingin lesehan), komputer (jika diperlukan), nomor telepon yang bisa dihubungi setiap waktu, dan yang tidak kalah penting yaitu buku referensi serta media pembelajaran lainnya seperti kaset, buku,gambar, radio, televisi dan lain-lain.

Jika perlengkapan kursus sudah lengkap, maka murid kalian akan betah. Namun untuk para mahasiswa yang tidak memiliki banyak uang, kalian bisa memakai ruangan kelas, masjid, posyandu, dsb sebagai tempat untuk kursus, untuk surat peminjama tempat kalian bisa DOWNLOAD DISINI.

4. Anda Juga Harus Menyiapkan Modal Awal yang Anda Rasa Cukup untuk Memulai Usaha

Apabila Anda memiliki tempat yang cukup luas dengan pencahayaan yang baik maka Anda bisa memanfaatkannya untuk ruang belajar atau kursus. Karena bagaimanapun juga menyewa tempat memerlukan dana yang paling besar, sehingga tidak ada salahnya jika Anda memanfaatkan ruangan yang sudah ada untuk menghemat budget Anda.

Persiapan modal yang lain yang bisa Anda gunakan untuk membeli keperluan yang berupa media pembelajaran dan perlengkapan lainnya. Modal yang bersifat non material seperti pengetahuan dan skill salah satu yang cukup juga harus Anda persiapkan.

Bimbingan belajar sebagai contoh di bidang bahasa Inggris telah banyak tersebar  dan membuka cabang di beberapa tempat.

Akan tetapi, Anda tidak usah khawatir karena dengan memperhatikan kualitas dan metode pembelajaran yang menarik dan bagus, maka usaha Kursus Anda tetap akan bisa bersaing dengan usaha kursus lainnya.

Demikianlah informasi dan referensi tentang 4 tips membuka kursus untuk Mahasiswa.

Berikan komentar atau bagikan tulisan diatas sebagai bentuk terima kasih kepada penulis

Comments

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply