9 tips untuk mahasiswa baru

9 tips untuk mahasiswa baru

Persiapan adalah hal utama sebelum memasuki dunia yang baru. Jika ingin perang maka siapkan senjata, jika ingin terjun payung maka siapkan parasut, jadi tiada sesuatu didunia ini yang tidak memerlukan persiapan. Begitu juga jika ingin memasuki dunia kampus atau perkuliahan maka ada banyak hal yang harus dipersiapkan bagi mahasiswa baru, berikut kami berikan informasi dan referensi tentang 9 tips spesial buat mahasiswa baru :

1. Niat

Sebelum memasuki dunia perkuliahan atau dunia mahasiswa, pastikan dulu niatmu apa? apakah kamu kuliah hanya untuk mencari teman? mencari pacar, dsb. Jangan sampai usaha orang tua untuk menjadikan kamu orang yang berguna bagi nusa dan bangsa ternodai hanya karena niat tidak baik. Yakinkan dirimu, katakan pada dirimu bahwa kamu kuliah adalah untuk mencari ilmu dan pengalaman.

2. Yakinkan dan Mantapkan hatimu terlebih dahulu pada jurusan / program studi

Jika kamu sudah diterima disalah satu Universitas, tentu akan sangat menyenangkan. Namun ada baiknya untuk bertanya pada dirimu sendiri cocokkah jurusan yang saya ambil? apakah jurusan tersebut memiliki banyak peluang kerja? jangan sampai kamu memilh jurusan dengan tanpa memikirkan nasibmu kedepan, kesalahan yang sering mahasiswa lakukan adalah memilih jurusan tanpa mengetahui minat dan bakatnya dibidang apa. Umpamanya jika kamu suka dengan komputer, maka pilihlah jurusan yang berhubungan dengan komputer.

3. Jangan remehkan kesehatanmu
Menurut Wikipedia, Kesehatan adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa, dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial, dan ekonomis.Seringkali para calon Mahasiswa baru menganggap remeh kesehatan, padahal sebelum memasuki dunia kampus kita harus memastikan bahwa badan kita cukup sehat. Alasannya adalah karena masing masing kampus memiliki program OSPEK atau Orientasi Siswa Pengenalan Kehidupan kampus yaitu masa dimana calon mahasiswa diberikan pembekalan atau persiapan sebelum mereka memulai hari hari sebagai mahasiswa. Dalam OSPEK tersebut tentu akan sangat melelahkan dengan aktivitas yang telah disiapkan oleh panitia ospek, jadi pastikan kamu cukup sehat untuk mengikuti ospek.

4. Rencanakan Keberhasilanmu sejak dini (Tentukan Arah Langkahmu = Visimu)
Beranikan dirimu untuk segera merencanakan arah langkahmu atau Visimu di kampus ini. Rencanakan keberhasilanmu sejak semester pertama. Dari mulai sistem SKS, mata kuliah, penilaian, beban studi sampai menghitung IP dan IPK. Rencanakan keberhasilanmu selama kuliah. Tentukan Visi dan tujuanmu kuliah di jurusan / program studi ini sekarang ! Jangan terus menvonis diri salah jurusan / prodi, kamu tidak akan merasa tenang dengan posisimu kuliah jika kamu terus menyalahkan dirimu.

5. Tulis impianmu di awal semester ini dan atur strategimu
Tulis impianmu melalui kampus ini sejak dini dan jadikan itu menjadi target kesuksesanmu selama kuliah. Jangan jadikan semuanya itu hanya mimpi, tapi berusahalah untuk mewujudkannya dengan mengatur strategi jitu. Bagaimana itu ? Jangan menyendiri aja, tapi galilah informasi dari para senior yang telah menginspirasimu untuk sukses, baik itu mahasiswa berprestasi dalam akademik, non akademik atau juga yang telah sukses dalam kehidupannya (ada yang sudah kerja, yang sudah menikah, dst).

6. Kumpul dengan komunitas yang baik dan mendukungmu
Bagaikan penjual minyak wangi, kalau kita berteman dengannya kita akan kecipratan wanginya. Komunitas yang baik dan mendukung itu yang bagaimana? Hm, pastilah kamu sudah tahu. Di dunia kampus, kamu akan menemui berbagai macam komunitas, yang terdiri dari beragam orang yang memiliki karakter yang beda. Ada yang pola hidupnya agamis, sosialis, hedonis, nasionalis, sampai-sampai ada yang anarkis. Apapun itu, seorang mahasiswa baru bagai lembaran kertas putih yang harusnya diberi tinta emas untuk menuliskan kisah perjalanan dengan baik. So, pilih komunitas yang baik dan manfaatkan itu untuk menjaga motivasi dan niat baik kamu kuliah di kampus ini. Jangan pernah berteman dengan komunitas yang akan menyesatkanmu dan membuatmu malas untuk kuliah.

 

Baca juga12 Nasib Mahasiswa semester akhir

 

7. Ikuti kuliah dengan baik dan coba kenali karakteristik dosen
Dengan mengenal karakteristik dan model dosen yang mengajar, kamu bisa menyesuaikan model dan strategi belajarmu. Ada banyak karakter dosen, mulai dari yang killer atau galak, dosen yang pelit nilai, dosen pemalas, dosen gaul,dsb. Nah jika kamu sudah tahu karakteristik dari dosenmu,insya Allah kamu akan cepat menyesuaikan diri dengan perkuliahan kampus.

8. Ikuti organisasi
Dengan mengikuti organisasi kampus maka kamu tidak akan menjadi mahasiswa kupu kupu yaitu mahasiswa kuliah pulang kuliah pulang,maksudnya datang kekampus cuma untuk belajar,setelah itu langsung pulang tanpa membaur dengan mahasiswa lain. Ada banyak organisasi dikampus, salah satunya adalah Himma untuk tingkap program studi, BEM Fakultas untuk tingkat fakultas, dan BEM Universitas untuk tingkat tertinggi.

9. Kelola waktu dengan baik
Memanajemen waktu dengan baik ini wajib buat maba. Coz beda dengan saat SMA, yang masuk sekolah jam 7 sampai jam 1 siang terus pulang. Jadwal kuliah biasanya tidak tentu urutannya, bisa saja pagi kuliah 2 SKS, terus ada waktu luang sampai siang kemudian jam 1 baru masuk lagi. Kamu bisa memanfaatkan waktu luang menunggu MK yang lain dengan cara Ngaji ke mushola, Maen ke perpus, ngenet di area Wifi, Streaming bokep, nongkrong di kantin, kumpul sama teman, manjat tembok , guling guling dilantai, dsb.

Demikianlah informasi dan referensi tentang 9 tips untuk mahasiswa baru.

Berikan komentar atau bagikan tulisan diatas sebagai bentuk terima kasih kepada penulis

Comments

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply