Contoh latar belakang laporan PPL

Contoh latar belakang laporan PPL

PJV Network – Contoh latar belakang laporan PPL terbaru, PPL adalah suatu kegiatan dimana mahasiswa/i disuruh untuk mengajar disekolah yang telah dibagi dan ditunjuk oleh prodi. Dalam pelaksanaan PPL mahasiswa dituntut untuk mengajar secara profesional layaknya seorang guru. Selama PPL mahasiswa juga diwajibkan untuk membuat RPP baik K13 atau KTSP, tidak hanya itu mahasiswa juga diharuskan menyusun laporan PPL.

Bicara tentang laporan PPL, salah satu bagian terpenting dalam laporan PPL adalah Latar Belakang Laporan PPL, kenapa latar belakang laporan PPL penting? karena latar belakang merupakan hal pertama yang harus dicantumkan oleh mahasiswa, juga sebagai penentu bagus atau tidaknya Laporan PPL mahasiswa tersebut.

Berikut kami berikan sepenggal info tentang Contoh Latar Belakang Laporan PPL yang merupakan bagian Dari BAB 1 yaitu pendahuluan :

 

BAB 1

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

 

Pendidikan nasional bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya yaitu manusia beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab kemasyaraktan dan kebangsaan. Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan, salah satu usaha perbaikan proses pembelajaran di sekolah yang dapat dilakukan adalah dengan memahami perilaku siswa dalam belajar.

Setiap manusia pada hakikatnya membutuhkan pendidikan. Zanti Arbi dan Syahru (1992: 16-23) berpendapat bahwa pendidikan adalah suatu proses interaksi manusiawi antara pendidik dengan subjek didik untuk mencapai tujuan pendidikan. Proses pendidikan berlangsung dalam lingkungan tertentu dengan menggunakan bermacam- macam tindakan yang disebut sebagai alat pendidikan. Ada beberapa factor yang berperan dalam pendidikan, yaitu : (1) tujuan, (2) pendidik, (3) subjek didik, (4) isi/materi, (5) cara/ metode dan alat (6) situasi lingkungan.

Baca juga : Instrumen penilaian Ujian PPL terbaru dan terlengkap

 

Pendidikan adalah usaha sadar untuk menumbuh kembangkan potensi yang ada pada manusia yang dikenal dengan SDM dan IMTAQ yakni melalui kegiatan pengajaran. Kegiatan-kegiatan tersebut diselenggarakan di semua satuan dan jenjang pendidikan yang meliputi wajib belajar pendidikan sembilan tahun, pendidikan menengah dan pendidikan tinggi.

Pendidik harus mempunyai kepercayaan diri bahwa ia mampu memberikan arahan dan bimbingan kepada para siswanya. Sampai saat ini, masih banyak siswa yang beranggapan dan berpendapat bahwa pelajaran kimia merupakan salah satu mata pelajaran yang sulit. Sehingga sudah menjadi hal yang biasa jika di dalam kelas ketika mata pelajaran kimiaberlangsung sebagian besar siswa sibuk dengan aktivitasnya sendiri. Hal inilah yang menyebabkan rendahnya motivasi siswa terhadap mata pelajaran kimia. Keadaan ini akan berdampak pada nilai dan hasil belajar siswa menjadi tidak tuntas. Karena siswa belum mampu mencapai kompetensi individual yang diperlukan untuk mengikuti pelajaran selanjutnya. Selain itu, siswa juga pada umumnya belum sampai pada tingkat pemahaman. Siswa baru mampu mempelajari (menghafal) fakta, konsep, prinsip, hukum, teori, dan gagasan inovatif lainnya pada tingkat ingatan, mereka belum dapat menggunakan dan menerapkannya secara efektif dalam pemecahan masalah sehari-hari. Hal ini terjadi karena guru belum optimal memberdayakan seluruh potensi siswa. Selain faktor diatas, rendahnya motivasi siswa juga dapat disebabkan karena dalam proses pembelajaran guru tidak menggunakan strategi atau pendekatan pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

 

Wajib download : Laporan PPL terbaru

Usaha untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan proses belajar mengajar dan pembelajaran di sekolah terus menerus dilaksanakan, salah satunya dengan adanya mata kuliah lapangan seperti praktik mengajar di sekolah secara langsung yang biasa dikenal dengan PPL.

Program Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan suatu program dalam pendidikan prajabatan guru yang dirancang untuk melatih para calon guru agar menguasai kemampuan keguruan yang utuh dan terpadu sehingga setelah melakukan pendidikan mereka siap secara mandiri mengemban tugas sebagai guru. Program ini merupakan salah satu program akademis yang wajib dilaksanakan oleh mahasiswa FKIP Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

B. Tujuan Pembuatan Laporan

Tujuan pembuatan laporan ini adalah untuk melaporkan rangkaian kegiatan yang telah praktikan dilaksanakan di SMA Plus Negeri 7 Kota Bengkulu baik itu kegiatan yang berkaitan dengan kegiatan akademik, kegiatan administrasi, kegiatan non akademik serta hal- hal yang diperoleh praktikan selama praktik lapangan. Selain itu juga untuk mengetahui sejauh mana mahasiswa mampu berinteraksi dengan lingkungan sekolah dimana ia di tempatkan, baik berkenaan dengan hubungannya dengan sesama perangkat sekolah dan terutama mengenai kemampuannya dalam manyampaikan materi di kelas.

.

Adapun  tujuan dari pelaksanan Program Pengalaman Lapangan (PPL) itu sendiri adalah:

  1. Memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran dan manajerial di sekolah, dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan.
  2. Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mempelajari, mengenal dan menghayati permasalahan, lembaga kependidikan baik yang terkait dengan proses pembelajaran maupun kegiatan administrasi sekolah.
  3. Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai ke dalam kehidupan nyata di sekolah
  4. Meningkatkan hubungan kemitraan antara FKIP UMB dengan Dinas Diknas, Depag, Sekolah, dan lembaga terkait lainnya.

 

Demikianlah informasi dan referensi tentang Contoh Latar Belakang Laporan PPL, semoga Bermanfaat

Berikan komentar atau bagikan tulisan diatas sebagai bentuk terima kasih kepada penulis

Comments

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply