Pengertian dan Biaya Body Repair Mobil

Body mobil merupakan bagian mobil yang rentan tergores. Namun, Anda tidak perlu khawatir, body mobil yang tergores bahkan penyok pun bisa diperbaiki. Anda bisa membawa mobil ke bengkel yang menyediakan layanan body repair mobil. Dengan melakukan body repair, mobil Anda akan kembali mulus. Body repair mobil bisa Anda lakukan di bengkel khusus body repair atau bisa juga ke bengkel umum yang bisa Anda temukan di aplikasi Otoklix. Lalu berapa kisaran biaya body repair mobil? Simak pembahasannya di bawah ini

ADVERTISEMENT

Apa Itu Body Repair?

Body repair sendiri merupakan suatu usaha yang dilakukan untuk memperbaiki kerusakan yang ada pada body mobil. Ada berbagai macam teknik yang digunakan dalam body repair mobil. Penggunaan teknik tersebut berdasarkan ringan atau beratnya kerusakan yang terjadi. Misalnya pada kerusakan ringan, maka akan digunakan teknik on-off hammering, metode washer welder, atau sinking dalam body repair.

Sementara untuk menangani kerusakan berat, maka akan digunakan teknik mag welding untuk penyambungan. Semua teknik dalam body repair tersebut bertujuan untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi pada body mobil sehingga body mobil akan tampak mulus kembali. Biaya body repair mobil juga tergantung pada jenis kerusakan yang terjadi dan bengkel yang menangani.

Fungsi Body Repair Mobil

Body repair mobil bukan hanya sebatas mengecat ulang body mobil yang tergores. Body repair juga fokus untuk mengembalikan permukaan mobil menjadi rata dan mulus kembali. Selain itu, pengecatan yang dilakukan pada body mobil juga terdiri dari beberapa lapisan. Diantaranya yaitu primer, surfacer, base coat, dan juga clear coat.

Tujuan dilakukan pengecatan secara berlapis yaitu agar tidak mudah muncul jamur maupun karat pada bagian yang tergores. Dengan sistem pengecatan yang berlapis maka goresan pada body mobil akan tertutup secara sempurna dan tidak menimbulkan jamur maupun karat yang dapat menyebar ke bagian lainnya.

Biaya Body Repair Mobil di Bengkel Resmi

Biaya yang harus dikeluarkan untuk body repair mobil berbeda-beda. Biaya body repair mobil bergantung pada jenis kerusakan yang terjadi dan bengkel yang menanganinya. Masing-masing bengkel resmi menerapkan biaya body repair mobil yang berbeda. Berikut ini biaya body repair mobil di bengkel resmi Suzuki dan Daihatsu.

Biaya Body Repair Mobil di Bengkel Suzuki

Bengkel resmi Suzuki menetapkan biaya body repair mobil berdasarkan jenis pengecatan yang dilakukan. Jenis pengecatan tersebut yaitu per panel dan full body. Pengecatan per panel dilakukan apabila ada bagian body mobil yang tergores atau mengalami penyok ringan. Biaya body repair mobil untuk kasus tersebut kisaran Rp 300 ribu hingga Rp 800 ribu. Biaya tersebut tergantung pada lokasi yang dilakukan perbaikan dan juga jenis cat yang digunakan.

Jika mobil Anda mengalami kerusakan body cukup berat, maka umumnya bengkel akan melakukan pengecatan full body. Biaya pengecatan full body tentu lebih mahal dibandingkan dengan pengecatan per panel. Biayanya yaitu kisaran Rp 700 ribu hingga Rp 2 juta. Meskipun biaya yang dikeluarkan cukup besar, namun Anda tidak perlu khawatir hasil pengecatan body mobil akan menjadi belang.

Biaya Body Repair Mobil di Bengkel Daihatsu

Daihatsu mematok biaya body repair mobil yang cukup tinggi dibandingkan bengkel resmi lainnya. Jika mobil Anda mengalami kerusakan ringan, maka Anda bisa melakukan body repair per panel. Biaya body repair mobil untuk kasus ini kisaran Rp 700 ribu hingga Rp 1,5 juta. Biaya tersebut jauh lebih mahal dibandingkan bengkel resmi lainnya.

Sementara, jika mobil Anda mengalami kerusakan body yang cukup berat, maka Anda perlu melakukan body repair secara full body. Biaya body repair mobil full body di bengkel Daihatsu disebut-sebut bisa mencapai Rp 15 juta. Harga yang diberikan tersebut belum termasuk biaya pengelasan maupun biaya lainnya. Harga tersebut tergolong cukup mahal jika dibandingkan dengan bengkel resmi lainnya.

Biaya Body Repair Mobil di Bengkel Umum

Biaya body repair mobil di bengkel biasanya lebih murah dibandingkan di bengkel resmi. Untuk memperbaiki standar panel pintu, spoiler, side skirt, bumper, fender/spakbor biaya yang harus dikeluarkan yaitu Rp 300 ribu hingga Rp 450 ribu.

Sementara untuk perbaikan kap bagasi dan mesin mobil, biaya yang harus dikeluarkan yaitu Rp 400 ribu hingga Rp 600 ribu. Untuk perbaikan atap mobil, kisaran biaya yang harus dikeluarkan yaitu Rp 500 ribu hingga Rp 800 ribu. Meskipun biaya body repair mobil di bengkel umum lebih murah dibandingkan di bengkel resmi, namun dikerjakan oleh mekanik yang handal, profesional dan ahli di bidangnya. Anda bisa temukan bengkel mobil terpercaya lewat platform Otoklix yang akan menghubungkan Anda dengan ribuan bengkel umum terbaik di kota Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.